Apa Itu Tinted Sunscreen?

Seiring perkembangan produk skincare, muncul varian sunscreen atau tabir surya yang baru merupakan tinted sunscreen. Sebagian beauty enthusiast mungkin tidak asing lagi dengan produk ini, melainkan apa itu tinted sunscreen?

Sebagian waktu lalu, tinted sunscreen sempat viral di media sosial lantaran diukur dapat menjawab kebutuhan akan produk skincare yang dapat meratakan warna kulit.

Seperti kita kenal, pemakaian sunscreen benar-benar penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Berikut penjelasan mengenai tinted sunscreen.

Apa itu tinted sunscreen?

Tinted sunscreen merupakan sunscreen yang berbahan dasar mineral yang formulanya dilengkapi dengan tambahan warna layak dengan pigmen kulit, dikabarkan dari Harvard Health. Jadi, tinted sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV sekaligus membantu meratakan warna kulit.

Seperti diketahui, sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB dari sang surya, yang merupakan gelombang panjang yang dapat menembus permukaan kulit.

Efek membahayakan sinar UV pada kulit telah banyak diketahui. UVA berdampak pada penuaan kulit dini, dan UVB dapat menyebabkan kanker kulit.

Komponen dalam tinted sunscreen

Komponen tinted sunscreen menggabungkan saringan UV mineral spektrum luas (broad spectrum) seperti zinc oxide dan titanium dioxide, dengan pigmen tambahan.

Pigmen tambahan ini, dapat menghasilkan warna kulit yang menonjol serta dapat memantulkan sinar yang menonjol (visible light).

Untuk diketahui, partikel dalam sunscreen umum (bukan tinted sunscreen), memiliki ukuran nano guna slot depo 10k mengurangi tampilan whitecast pada wajah. Oleh sebab itu, sunscreen biasanya tidak menonjol pada permukaan kulit sehingga tidak dapat menghalau sinar yang menonjol.

Sementara, untuk menghambat sinar yang menonjol, sunscreen harus menonjol pada permukaan kulit. Oleh sebab itu, sunscreen umum (bukan tinted sunscreen), tidak dapat menghambat sinar yang menonjol.

Sementara, tinted sunscreen memiliki pigmen tambahan yang berfungsi untuk menghambat sinar yang tempak.

Adapun, basis warna dari tinted sunscreen diciptakan dengan mencampurkan sejumlah iron oxides hitam, merah, dan kuning dengan pigmen titanium dioksida.

Campuran komponen itu, menghasilkan tinted sunscreen yang dapat disesuaikan dengan pelbagai warna kulit. Dikala ini, ada pelbagai produk tinted sunscreen yang dapat kamu jumpai di marketplace maupun kios kosmetik terdekat.