Cerita Karomah Mbah Kholil yang Dialami KH Hasyim Asy’ari, 4 Gaya Jilbab Salah Menurut Islam

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari memiliki banyak guru yang luar biasa. Salah satunya, Syaikhona KH Muhammad Kholil yang segera lebih populer dengan sebutan Mbah Kholil Bangkalan.

Sebagaimana Kiai Hasyim, Mbah Kholil Bangkalan juga seorang waliyullah yang dianugerahi beragam karomah. Salah satunya bahkan dialami sendiri oleh Hasyim muda.

Kisah mengenai karomah Mbah Kholil Bangkalan yang dialami sendiri oleh KH Hasyim Asy’ari menjadi tulisan terpopuler di kanal Islami, Rabu (8/5/2024).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian pembaca ialah kisah Rasulullah SAW melarang menantunya, Ali bin Abi Thalib untuk menjalankan poligami.

Sementara, tulisan ketiga ialah 4 gaya hijab yang salah berdasarkan Islam.

1. Kisah Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan yang Dialami KH Hasyim Asy’ari

KH Muhammad Kholil yang diketahui Syaikhona Kholil Bangkalan ialah seorang ulama asal Madura yang punya peran besar joker123 dalam menyebarluaskan dakwah Islam di Nusantara. Ia punya murid yang tersebar di beragam daerah dan menjadi kiai di tempatnya masing-masing.

Keberhasilannya dalam mencetak murid membikin Mbah Kholil dijuluki sebagai syaikhona, yang berarti guru. Mbah Kholil Bangkalan ialah gurunya para kiai Nusantara.

Mbah Kholil diyakini sebagai wali yang mendapatkan anugerah karomah dari Allah SWT. Karomah-karomah Mbah Kholil banyak dikisahkan oleh santrinya.

Salah satu karomah Mbah Kholil dialami segera oleh muridnya, KH Hasyim Asy’ari saat dijodohkan. Kala itu, Mbah Hasyim dijodohkan oleh Mbah Kholil dan dalam waktu singkat ia sepatutnya menikah.

Berkat karomah guru, banyak keajaiban yang terjadi menjelang pernikahannya. Ia mengamalkan satu sholawat yang diijazahkan gurunya dan selama tiga malam berturut-turut Mbah Kholil bersua dengan Imam Bukhari, Imam Syafi’i, Imam Al-Ghazali, dan Imam Junaid Al-Baghdadi.

Simak berikut kisah karomahnya.

2. Kisah Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib Poligami, Mengapa?

Poligami dalam Islam ialah praktik di mana seorang laki-laki memiliki lebih dari satu istri secara legal, dengan batasan yang ditetapkan dalam peraturan Islam.

Al-Qur’an, kitab suci umat Islam, memberikan landasan untuk praktik poligami dalam Surah An-Nisa (4):3, di mana Allah memperkenankan seorang laki-laki untuk menikahi sampai empat istri, dengan prasyarat bahwa ia sanggup memperlakukan mereka dengan adil.

Masalah poligami bukanlah sepatutnya dalam Islam, namun diperkenankan dalam keadaan tertentu, seperti saat terdapat keseimbangan dan keadilan dalam memperlakukan istri-istri tersebut.

Tetapi ada satu kisah, Nabi Muhammad melarang Ali bin Abi Thalib menjalankan poligami. Diketahui, Ali bin Abi Thalib ialah suami Fatimah Az-Zahra putri Rasulullah SAW, yang berarti menantunya.

Apa alasannya? Simak kisah berikut ini.

3. 4 Gaya Berjilbab yang Salah Menurut Islam, Hati-hati Terjerumus Dosa!

Penggunaan hijab baru-baru ini ini menjadi tren fashion tersendiri di kalangan masyarakat. Bermacam-macam variasi, contoh, sampai panduan penggunaanya dapat dijumpai di banyak media massa.

Tetapi itu semakin menambah kepercayaan diri sebab tampak lebih menawan dan menarik dengan fashion yang dicontoh, contohnya mengenakan hijab dengan gaya tertentu.

Tetapi sangat disayangkan, alih-alih mencontoh tren fashion justru saat ini banyak ditemukan metode berjilbab yang jauh dari syariat islami. , sejatinya berjilbab juga memiliki peraturan sehingga kita tidak boleh sembarangan dalam memilih gaya berjilbab.

Oleh sebab itu penting bagi seorang muslimah untuk memperhatikan bagaimana metode berjilbab yang pantas syariat. Jangan sampai dengan kita mengenakan hijab yang harusnya mendatangkan pahala justru bahkan terjerumus dalam dosa.

Mengutip dari situs makintau.com, berikut ialah 4 gaya berjilbab yang tidak diperkenankan dalam syariat Islam.