Diet Golongan Darah dan Cara Tepat Melakukannya

Diet Golongan Darah dan Cara Tepat Melakukannya

Diet golongan darah merupakan pengaturan pola makan menurut jenis golongan darah. Diet ini diklaim dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah berbagai penyakit.

Teori diet golongan darah pertama kali dicetuskan oleh seorang dokter naturopati bernama Peter D’Adamo pada tahun 1996. Teori diet ini didasari oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa setiap golongan darah mencerna protein lektin dengan cara yang berbeda.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah, diyakini dapat menyebabkan penggumpalan darah atau darah kental sehingga meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kanker, gangguan pencernaan, dan gangguan ginjal.

Pola Makan yang Disarankan dalam Diet Golongan Darah
Di dalam diet golongan darah, makanan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu makanan bermanfaat, makanan netral, dan makanan yang harus dihindari. Berikut ini adalah pola makan yang disarankan dalam diet golongan darah:

Golongan darah O
Rekomendasi pola makan untuk golongan darah O mirip dengan diet paleo yang menitikberatkan pada makanan tinggi protein. Makanan yang dianggap cocok untuk golongan darah ini adalah daging sapi, daging unggas, ikan, sayur, dan buah-buahan.

Sementara itu, konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk yang mengandung susu disarankan untuk dikurangi atau dibatasi oleh orang bergolongan darah O.

Golongan darah A
Diet golongan darah menyarankan orang yang memiliki golongan darah A untuk menjalani pola makan bebas daging, misalnya vegetarian atau flexitarian (semi-vegetarian).

Makanan utama yang disarankan untuk pemilik golongan darah ini adalah makanan laut, ikan, sayur, buah-buahan, tahu, tempe, kacang, dan biji-bijian.

Golongan darah B
Pilihan makanan terbaik menurut diet golongan darah untuk pemilik golongan darah B adalah sayur hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak. Sementara itu, orang yang memiliki golongan darah ini dianjurkan untuk membatasi konsumsi ayam, jagung, tomat, dan gandum.

Golongan darah AB
Pola makan untuk golongan darah AB merupakan gabungan antara beberapa jenis makanan untuk golongan darah A dan B. Orang yang memiliki golongan darah AB disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan laut, tahu, tempe, yoghurt, keju, susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sementara itu, kacang merah, jagung, daging sapi, dan daging ayam merupakan makanan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik golongan darah ini.