Tantrum pada Hati yang Perlu Dikenal, Apa Saja?

Tantrum yakni situasi yang kerap kali dialami si kecil-si kecil, terlebih usia 18 bulan hingga empat tahun. Keadaan ini yakni ledakan perilaku yang mencerminkan tanggapan disregulasi kepada rasa frustasi si kecil.

Ayah sebaiknya mengetahui https://plantarefacil.com/ ciri-ciri tantrum pada si kecil sehingga bisa menuntaskannya dengan cara yang tepat.

Dokter Pakar Hati, DR. Dr. I Gusti Ayu Trisna Windiani, Sp.A(K), menerangkan, tantrum yakni suatu situasi normal yang dialami oleh si kecil-si kecil.

“Jadi, si kecil tidak mampu meregulasi rasa frustasi yang ia alami,” jelas Trisna dalam Seminar bertajuk: Bagaimana Mencegah dan Menuntaskannya?’ oleh Pengurus Pusat Ikatan Dokter Hati Indonesia (IDAI), dikutip Arah.com, Jumat (26/4/204).

Tetapi, lanjut Trisna, tantrum berpotensi menjadi tak normal seandainya berlanjut ketika si kecil berumur lebih dari empat tahun hingga remaja. Perilaku pada usia inilah yang perlu diwaspadai oleh ayah dan ibu.

“Jadi, tantrum yakni perkembangan normal sesuai dengan usia si kecil. Tetapi, bisa menjadi tak normal seandainya berlanjut hingga si kecil besar atau remaja, sehingga ini perlu diselesaikan,” ujar Trisna yang juga yakni member Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI.